Label

Mereka yang Mengaku Keturunan Khazar


Oleh Kevin Alan Brook

Yahudi modern yang terkemuka dan masyarakat Yahudi yang mengaku jalur keluarganya berasal dari Khazar

Dan Rottenberg, pengarang "Finding Our Fathers: A Guidebook to Jewish Genealogy" (edisi 1, 1977), nenek moyangnya berasal dari Austria dan kerajaan Rusia. Beberapa orang istri dari nenek moyangnya mengakui sebagai bangsa Khazar. Karen De Witt, dalam The Washington Post, menulis hal berikut ini pada halaman B3, pada hari Sabtu, tanggal 20 Agustus, 1977 dalam tulisannya berjudul: "Family Lore and the Search for Jewish 'Roots – Ceritera Rakyat dan Mencari Akar-akar bangsa Yahudi'":

"Rottenberg, yang sudah menelusuri asal-usul keturunan keluarga istrinya jauh ke awal tahun 1800-an dan menemukan sebuah garis yang menghubungkan kembali kepada kerajaan Khazar di Crimea, yang waktunya kembali jauh ke masa silam abad ke-8, catatan bahwa pada waktu itu hanya terdapat orang Yahudi dengan jumlah yang terbatas di dunia."

Dan Rottenberg menuulis dalam bukunya berjudul "Menemukan Para Orang Tua Kami" di halaman 45 ia menyatakan: "Setidak-tidaknya, beberapa orang Yahudi Eropa Timur, dan barangkali banyak sekali, adalah keturunan Khazar. Menggambarkan dengan teliti apakah Anda keturunan dari jalur keluarga Khazar atau bukan, tetapi beberapa keluarga nampaknya memiliki petunjuk. Sebagai contoh, sebuah cabang dari keluarga istriku bernama Tamarin, dari Rusia, memelihara bahwa keluarganya datang dari agama Yahudi atau Judaisme via konversi Khazar dan bahwa keluarganya mengambil namanya dari Tamara, ratu Georgia dalam abad ke-13."

Keluarga Ehud Ya'ari, seorang wartawan Israel terkemuka membuat dokumentasi Mamlekhet ha-Kuzarim 1997, juga mengaku beberapa sumber Khazaria. Mikhael Ajzenstadt, dalam The Jerusalem Post, menulis hal berikut ini di halaman 5, terbitan tanggal 17 Maret, 1997, dalam artikelnya berjudul "An Incredible Journey to the Lost Empire of the Khazars – Sebuah Perjalanan Yang Luar Biasa Ke Kerajaan Yang Hilang Bangsa Khazars":

"[Ehud Ya'ari dikutip mengatakan:] "Sebagai seorang anak saya mendengar bahwa keluarga kami mempunyai keturunan darah bangsa Khazar dan selama 30 tahunan sampai sekarang saya sedang berusaha untuk menemukan informasi mengenai hal mengejutkan ini....[Saya adalah] seorang prajurit dalam pertempuran terakhir dari kerajaan Khazar, sebuah perjuangan yang benar untuk diingat....Dan akhirnya saya berniat untuk mengamankan dana untuk melanjutkan penggalian-penggalian di beberapa tempat, yang sungguh nampak peluangnya. Mimpi saya yang paling menggairahkan adalah keinginan untuk menemukan kuburan salah seorang dari para raja Khazar. Aku percaya bahwa jika kita berhasil hal itu akan merupakan sebuah hal yang penting, setidaknya seperti ketika menemukan Troy atau harta benda Firaun didalam Piramid."

Beberapa orang Yahudi dari shtetl Kurilovich, di Moldova, mengaku "Keturunan Tartar“: "Dalam tahun 1923, ayahku, yang dilahirkan di daerah koloni Yahudi Baron Hirsch, mengunjungi kota kecil Kurilovich, dekat Kishinev, antara Moldavia dan Bessarabia, dimana orang tua mereka datang ke Argentina. Sanak keluarga yang sudah tua meyakinkannya bahwa keluarganya tinggal di sana selama 500 tahunan, dan menambahkan ungkapan yang memberikan khayalan kepadaku dalam jangka waktu lama: 'Kita adalah Yahudi Tartar'. Lima abad akan bersesuaian persis waktunya di mana keturunan-keturunan Khazar bertebaran dari Crimea. Dan pemakaian Tartar 'sebagai ganti 'Khazar'? Barangkali keseleo lidah dan ingatan, bahwa sejarawan-sejarawan tidak akan menunda untuk melakukan perbaikan." Alicia Dujovne Ortiz, "El fantasma de los jázaros", La Nación (Buenos Aires, Argentina, August 19, 1999).

Sebuah sanak keluarga Yahudi Transylvania yang bertemu dengan saya ketika saya mengatakan kepadanya "Kita bukanlah Semit –kita Turki putih dari Timur Jauh, dan rumah-rumah kita dihancurkan oleh bangsa Rusia." Mereka adalah Bangsa Yahudi dari kota Sfîntu Gheorghe yang sekarang Romania. Meskipun masyarakat mereka telah mencampur dengan beberapa bangsa Hungaria dan Romania, mereka masih merupakan sebuah masyarakat yang kompak dengan pengetahuan selama berabad-abad mengenai asal-muasalnya dari Turki. Dalam tahu 1990-an sebuah ekspedisi genealogi yang disewa oleh Yahudi Transylvanian teman saya yang memberikan konfirmasi telah menemukan tradisi bahwa Yahudi ini adalah Turki. Tidak membuktikan bahwa mereka adalah Khazar. Mereka mungkin bangsa Tatars atau Kipchaks (Cumans) atau Oghuzes. Tetapi hampir bisa dipastikan mereka adalah Khazar, seperti ketika Khazar pindah agama menjadi pemeluk agama Yahudi atau Judaisme dalam jumlah besar dibanding kelompok Turki lain manapun.

Ada juga kasus-kasus Yahudi yang terisolasi dari kota-kota tertentu di Ukraina dan Lithuania yang mengaku dari jalur keluarga Khazar. Kisah-kisah seperti ini membantu untuk membantah pendapat Leon Wieseltier dalam " You Don't Have to Be Khazarian: The Thirteenth Tribe, by Arthur Koestler " (New York Review dari Books, Oktober 28, 1976) di halaman 34 bahwa tidak ada catatan dari sebuah warisan bangsa Khazar pada setiap Yahudi modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar