Label

Surat al Kautsar dan Fatimah Azzahra as



Hadrat Fatimah az-Zahra As lahir menghiasi kebahagiaan Hadrat Khadijah As dan Rasulullah Saw. Sebelum kelahirannya, Nabi Saw memiliki dua putra, Qasim dan Tahir –akan tetapi kedua putra beliau ini meninggal selagi mereka masih belia.

Nabi Saw memulai menyebarkan ajaran Islam dan mendapatkan musuh-musuh akibat dakwah ini. Sebagai hasilnya, beberapa kaum Musyrik memulai melancarkan ejekan kepada beliau akibat kematian putra beliau, dengan memanggilnya sebagai “Abtar“.

Istilah Abtar ini bermakna seekor binatang yang tidak memiliki ekor – betapa kejinya orang-orang mengejek Nabi Saw dengan “Abtar” karena beliau tidak memiliki anak yang akan melanjutkan garis keturunannya.

Kemudian, ketika Hadrat Fatimah As lahir, turunlah surat al-Qur’an berikut ini:

Dengan Nama Allah Yang Mahakasih dan Mahasayang 

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu (wahai Muhammad) nikmat yang melimpah (kautsar),  

Oleh karena itu, pujilah Tuhanmu dan berkorbanlah.  
   
Sesungguhnya orang yang membencimu dialah yang terputus (tidak akan memiliki keturunan).

Ketika Nabi Saw ditanya tentang apa arti dari kautsar, beliau menjawab bahwa kautsar berarti sebuah sungai di Surga dan seseorang yang akan memberikan air dari sungai tersebut kepada orang-orang Mukmin adalah Imam ‘Ali al-Murtada As.

Kemudian Nabi Muhammad Saw berkata bahwa kautsar juga bermakna nikmat yang melimpah dengan kelahiran Sayidah Fatimah Azzahra. Lalu musuh-musuh Nabi-lah yang terbukti menjadi Abtar.

Sumber: Fakhruddin Razi, Tafsir Kabir, Tafsir Surah al-Kautsar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar